Gerbang Indah Nusantara

Switch to desktop Register Login

Rate this item
(0 votes)

BPPT Kenalkan Sertifikasi Digital "iOTentik"

iOTentik adalah penyelanggara sertifikasi digital berfungsi sebagai pihak ketiga yang berwenang menerbitkan, menvalidasi dan mengelola sertifikat digital untuk transaksi sistem elektronik di lingkungan intansi pemerintahan. Demikian inti sambutan yang disampaikan Deputi Kepala Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material (TIEM) BPPT, Hammam Riza.

"Sertifikasi digital ini menjamin keamanan berupa kerahasiaan,  otentitas, keutuhan data dan nir-sangkal penggunaaan sertifikasi digital. IOTentik didukung oleh Registration Authority (RA) dalam menerima permohonan penerbitan sertifikasi digital oleh pemohon," lanjutnya kepada wartawan di kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Selasa (15/12/2015).

Penerapan iOtentik ini sejalan dengan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (ITE),” terangnya.

Dengan adanya iOtentik ini akan meningkatkan kepercayaan dalam pemanfaatan TIK.

Secara teknis Koordinator IOtentik Balai Jaringan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKnet),  Wawan menjelaskan untuk kasus di BPPT   implementasi sertifikat digital digunakan untuk menambah fungsi keamanan selain username dan password pada halaman login aplikasi. Sertifikat digital melakukan penandatanganan digital pada semua dokumen elektronik misalnya dokumen E-PUPNS, Undangan Rapat, Disposisi. Sistem ini selanjutnya dapat diintegrasikan dengan ID Card BPPT sehingga fungsinya bisa menjadi E-ID.   Diimplementasikan pada sistem BPPT Single Window. Pemasangan QR Code pada dokumen elektronik (ai)


Last modified on
392526
Hari iniHari ini51
KemarinKemarin281
Minggu iniMinggu ini859
Bulan iniBulan ini3199
Seluruh hariSeluruh hari392526
Statistik created: 2017-11-24T20:29:15+00:00